Minggu, 20 Desember 2009

GARIS BESAR SEJARAH KEBUDAYAAN BALI

Keberadaan kebudayaan Bali memiliki akar sejarah yang amat panjang , berawal dari jaman pra sejarah , berlanjut pada jaman modern serta peradaban global . Dalam keterbukaannya dengan modernisasi dan globalisasi , kebudayaan Bali memperlihatkan sifat Dinamik, Selektif, Fleksibel, dan Adaptif . Kebudayaan Bali yang pada awlnya lebih mencerminkan konfigurasi budaya ekspresif dengan dominannya nilai Religius, Solidaritas, dan Estetika, kini makin berkembang dengan teradopsinya nilai-nilai progesif yang mencakup nilai ekonomi serta ilmu pengetahuan dan tekhnologi.
Dalam garis besar , periodisasi sejarah kebudayaan Bali berkembang menurut 3 (tiga) tahapan utama :
  • Jaman Kebudayaan Pra-sejarah .
  • Jaman Pengaruh agam Hindu-Budha .
  • Jaman Pengaruh Kebudayaan Modern .

Bukti-bukti penemuan menunjukan bahwa jaman pra sejarah Pulau Bali berpangkal pada jaman yang paling tua , yaitu masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana , selanjutnya juga ditemukan alat-alat dari masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut , masa bercocok tanam dan masa per-undagian . Satu Komunikasi yang khusus yang kemudian mempunyai arti yang dalam bagi eksistensi dan perkembangan lanjut Kebudayaan Bali, dengan terjalinnya ikatan antara Kebudayaan Bali dengan agama Hindu yang berawal sekitar permulaan tarikh Masehi .Komunikasi tersebut kini mewujudkan satu integrasi yang utuh antara tradisi agama dan kebudayaan serta mewujudkan satu konfigurasi budaya yang menjadi identitas masyarakat Bali . Pengaruh kebudayaan modern mulai dirasakan tatkala pulau Bali terbuka bagi kebudayaan Barat yang diperkenalkan oleh Belanda , kemudian berlanjut dalam kerangka integrasi dengan kebudayaan nasional serta keterbukaan secara Internasional malalui Pariwisata . (hk)

Sejarah Bali juga mengungkapkan adanya berbagai Dinasti dan kerajaan lokal . Dinasti yang pertama terdiri dari :

  1. Raja /Dinasti MARMADEWA sekitar tahun 913 .
  2. Raja Dharma Udhayana sekitar tahun 989 - 1011 . masih keturunan dari Dinasti Marmadewa , beliau memerintah bersama permaisuri Ginapriya Dharmapatni seorang putri dari Jawa Timur dan dari perkawinannya lahirlah 3(tiga)orang putra : 1-AIRLANGGA. 2-MARAKATA. 3-ANAK WUNGSU.

Kemudian sejak tahun 1343 , Bali berada dalam kekuasaan Majapahit dan sejak tahun 1352 dibawah Dinasti KRESNA KEPAKISAN yang berkeraton di SAMPRANGAN . Setelah beberapa tahun di Samprangan , pada tahun 1380 keraton di pindahkan ke Gelgel dan kemudian dipindahkan ke Klungkung pada tahun 1686 . Disamping kekuasaan Raja Klungkung di Bali , juga ada raja-raja lainnya seperti : Gianyar , Karang Asem , Bangli , Badung Tabanan , Jembrana dan Mengwi . Kerajan-kerajaan pada waktu itu berperan sebagai pusat-pusat perkembangan kebudayaan . Sejarah Bali juga memcatat masa kedatangan islam yang diperkirakan pada abad ke 14 . Kedatangan Belanda tahun 1597 . Perang melawan Belanda antara lain : * *PERANG BULELENG pada tahun 1849 . * *PERANG PUPUTAN BADUNG tahun 1906 . * *PERANG PUPUTAN KLUNGKUNG tahun 1908 . * *PERANG PUPUTAN MARGARANA 20 November 1946 dibawah pimpinan Letnan Kolonel I Gusti Ngurah Rai yang Gugur sebagai Pahlawan Nasional. (hk) (kopraljvc043-hk/21Dec'09/13.10)

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda