Minggu, 20 Desember 2009

PENDUDUK dan IDENTITAS

Jumlah penduduk Propinsi Bali menurut sensus tahun :
  • 1990 sebesar 2.777.356 jiwa .
  • 1980 sebesar 2.169.930 jiwa .
  • 1971 sebesar 2.120.091 jiwa .
  • 1961 sebesar 1.782.529 jiwa .
  • 1930 sebesar 1.101.029 jiwa .
Orang Bali disamping berdomisili di propinsi Bali , juga tersebar diberbagai propinsi lain di Indonesia sebagai Transmigran .
Orang Bali atau suku bangsa Bali merupakan salah satu dari aneka ragam suku bangsa yang berdomisili di kepulauan Indonesia . Suku bangsa Bali merupakan satu kelompok manusia yang terikat oleh kesadaran akan kesatuan kebudayaan , baik kebudayaan daerah Bali maupun Kebudayaan nasional Indonesia . Rasa kesadaran akan kesatuan kebudayaan Bali diperkuat oleh adanya kesatuan bahasa dan kesatuan agama Hindu .
Bahasa Bali memiliki tradisi sastra, baik tulisan maupun lisan , serta didukung oleh sistem aksara tersendiri .
Orang-orang Bali yang tradisional sangat terikat pada segi-segi kehidupan sosial mereka :
  1. Kewajiban melakukan pemujaan terhadap PURA tertentu .
  2. Satu tempat tinggal bersama atau KOMUNITAS .
  3. Pemilikan tanah pertanian dalam SUBAK tertentu .
  4. Satu status SOSIAL atas dasar warna .
  5. Kekerabatan menurut prinsip PATRILINEAL .
  6. Keanggotaan terhadap SEKEHA tertentu .
  7. Kesatuan ADMINISTRASI desa dinas tertentu .

Manusia masyarakat dan kebudayaan Bali , baik oleh sebab-sebab internal maupun eksternal telah mengalami berbagai dinamika dan perbahan . Dinamika dan perubahan tersebut berproses menuruti alur perkembangan 3(tiga) tradisi utama yang merupakan refleksi keseluruhan kebudayaan Bali , yaitu :

  • Tradisi Kecil : unsur-unsur kebudayaan Bali yang berasal dari kehidupan pra-Hindu , seperti yang masih nampak dalam segi-segi kehidupan MASYARAKAT BALI AGA .
  • Tradisi Besar : unsur-unsur kehidupan masyarakat dan kebudayaan Bali yang berkembang seiring dengan agama Hindu .
  • Tradisi Modern : Unsur-unsur yang berkembang sejak jaman penjajahan , kemerdekaan dan era informasi serta globalisasi . Jati diri orang Bali sangat dominan dibentuk oleh kebudayaan Bali yang dijiwai agama Hindu dengan dukungan 3(Tiga) unsur pokok : Bahasa Bali , Kesenian Bali dan Lembaga Tradisional Bali , Serta berlandaskan pada konfigurasi nilai-nilai dasar yang mencakup nilai religius, solidaritas dan estetika .

Modernisasi masyarakat dan kebudayaan Bali telah ikut mempercepat perkembangan nilai-nilai ekonomi serta ilmu dan tekhnologi. secara keseluruhan , gerak perubahan masyarakat dan kebudayaan Bali dalam kerangka modernisasi dan globalisasi cenderung menuruti konsepsi CONTINUITY In CHANGE .

(kopraljvc043-hk/23dec/1950) mahabbah travel

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda